Sejumlah 12 Juara Pasanggiri Tingkat Jawa Barat Mendapat Penghargaan Bupati Garut

0
99

kandaga.id – Kabupaten Garut berhasil meraih juara umum pada Pasanggiri Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Jawa Barat jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun 2021.

Hal itu disampaikan Bupati Kabupaten Garut, H. Rudy Gunawan, SH., MH., MP., saat memimpin apel gabungan terbatas, di Lapang Sekretariat Daerah, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (13/12/2021).

Sebagai bentuk apresiasi dan rasa bangga, secara simbolis Bupati Garut memberikan penghargaan kepada perwakilan juara.

Usai upacara dan foto-foto bersama, seluruh juara beserta pembimbing mengunjungi auditorium Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Garut untuk menerima penghargaan dan uang pembinaan.

Kedatangan mereka disambut Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Garut, DR. H. Suherman, SH., M.Si., didampingi Kabid SD, H. Entib Satibi, S.Ip., M.M.Pd., Kasi Kelembagaan dan Kesiswaan Bidang SD, Beni Hadi Saputra, S.Pd., M.M., dan Kasi Kelembagaan dan Kesiswaan Bidang SMP, H. Iyan Sopiyan, S.Ip.

Dalam sambutannya, Plt Kadisdik, H. Suherman mengucapkan selamat dan terima kasih kepada peserta didik yang berhasil meraih juara, dan kepada guru yang telah membimbing, membina, bahkan mengarahkannya.

Kepala SDS 5 Muhammadiyah, Empip Hapipah, S.Pd., dan Maulana Kendra El-Farizi serta guru pembimbing foto bersama Bupati Garut.

Sebenarnya terang Plt Kadisdik, H. Suherman, ini merupakan “kadeudeuh, kanyaah pa bupati” melalui Baznas dan bank BJB. Untuk itu, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Garut yang sudah mengapresiasi dan memberikan penghargaan ini.

Menurutnya, prestasi yang luar biasa ini bisa jadi modal untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya. Dan bagi gurunya akan membawa reputasi, karena telah membawa peserta didik menjadi juara.

Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Wanaraja, K. Kusnadi S.Pd., foto bersama Elisya Putri Anggraini dan pembimbingnya.

“Terus pertahankan, mudah-mudahan tahun depan lebih harum lagi, serta bisa bertambah lagi. Dan bagi guru, Insyaallah itu menjadi kredit poin untuk karier bagi guru untuk menjadi kepala sekolah, atau kepala sekolah menjadi pengawas, dan sebagainya,” ungkapnya.

Dirinya memohon maaf, selama dalam pasanggiri tidak dapat menghadiri, hanya Kabid dan kasi yang terus mendampinginya.

Berikut tujuh peserta didik jenjang SD yang meraih prestasi pada Pasanggiri atau perlombaan pada Festival Tunas Bahasa Ibu tingkat Jawa Barat tahun 2021.

Muhamad Kaffa Pratama (SDN 1 Purwajaya, Peundeuy); Neng Syelfi Oktora (SDN 2 Sukahurip, Cigedug); Azzahra Syawalanisa (SDN 1 Karangmulya, Kadungora); Maulana Kendra El-Farizi dari (SDS Muhammadiyah 5, Garut Kota); Jackye Firmansyah (SDN 1 Sukarame, Bayongbong); Elisya Putri Anggraini (SDN 3 Wanajaya, Wanaraja); dan Sani Sabila (SDN 1 Kadongdong, Banjarwangi).

Adapun lima peserta didik jenjang SMP yaitu : Saepul Jamil (SMP Satap 1, Peundeuy); Adiswara AR (SMP Muhammadiyah 3, Kadungora); Fasya AF (SMPN 2 Garut); Icang (SMPN 2 Garut); dan Pipih (SMP Muhammadiyah, Pameungpeuk). ***Jajang Sukmana