SMKN 1 Garut Melaksanakan Vaksinasi Tahap Pertama di Lingkungan Sekolah

0
57

kandaga.id – Dengan keinginan yang luhur, satuan pendidikan dibawah naungan KCD Pendidikan Wilayah XI Jawa Barat secara masif dan terorganisir melaksanakan vaksinasi terhadap pendidik, tenaga kependidikan, termasuk peserta didik dan keluarganya.

Selaras dengan pihak KCD dan sekolah, antusias peserta didik dan orang tuanya dalam melaksanakan vaksinasi ini begitu luar biasa, karena mereka sudah rindu untuk kembali normal dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) seperti sebelum pandemi Covid-19.

Seperti yang dilakukan SMKN 1 Garut, sebagai bentuk pelayanan prima terhadap masyarakat serta peduli pada generasi bangsa, secara terjadwal SMKN 1 Garut menggandeng Puskesmas Haurpanggung, Pembangunan, Kersamenak, dan Puskesmas Cipanas melakukan vaksinasi tahap pertama terhadap sejumlah 2.610 peserta didik.

Secara resmi pelaksanaan vaksinasi minggu pertama ini difokuskan untuk kelas XII yang dibuka secara resmi oleh Kepala SMKN 1 Garut, H. Bejo Siswoyo, S.TP., M.Pd., bersama Kapolsek Tarogong Kidul dan Kepala Puskesmas Haurpanggung di Auditorium Motekar, Jl. Cimanuk No. 309A, Kelurahan Sukagalih, Kecamatan Tarogong Kidul, Senin (9/8/2021).

Selain itu, pada kegiatan vaksin dari TNI Polri ini mendapat kunjungan Wakapolres Garut, Camat, Danramil 111/Tarogong Kidul, dan Kepala KCD Pendidikan Wilayah XI Jawa Barat dengan rencana hingga pukul 14.00 WIB, namun dengan pengkondisian yang rapih, tertib, nyaman, vaksinator dapat bekerja secara optimal, sehingga pada pukul 12.00 WIB vaksinasi telah selesai.

“Ini patut kita syukuri terhadap Allah SWT, bahwa kegiatan berjalan dengan lancar,” kesan H. Bejo.

Terpantau, pembina OSIS SMKN 1 Garut, Ardi Hardiansyah, S.Si bersama jajarannya begitu sibuk dalam pengkondisian siswa mulai dari kedatangan hingga kepulangannya.

“Sebetulnya kegiatan ini dibawah dua Wakasek yaitu kesiswaan dan kehumasan. Nah, karena berhubungan dengan siswa, otomatis dalam pengkondisian itu oleh siswa terutama OSIS. Pak Ardi dipercaya untuk pengkondisian lapangan, makanya yang begitu sibuk, karena memang beliau adalah pembina OSIS,” terang H. Bejo.

Terpisah, Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah XI, Drs. Aang Karyana, M.Pd., mengatakan, seluruh sekolah dibawah naungannya sudah siap untuk divaksin, baik siswa maupun keluarganya. Dan semua masyarakat khususnya di satuan pendidikan sudah menginginkan KBM tatap muka.

“Barusan kami berkoordinasi dengan Puskesmas Haurpanggung, Puskesmas Kersamenak, TNI Polri. Dan kami tinggal menunggu koordinasi dari pihak puskesmas. Intinya kami siap melaksanakan vaksinasi,” ungkapnya.

Dirinya mengucapkan syukur Alhamdulillah, beberapa sekolah dibawah naungannya sudah beres vaksinasi tahap pertama dan yang lainnya pun segera menyusul.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kersamenak, Hj. Ai Suryati, SKM., MM., bersama Kepala Puskesmas Haurpanggung, Rohmahlia M. Noor, Skm, Mkm., mengatakan, dirinya mengikuti zoom meeting dengan pihak pemerintah bahwa vaksinasi untuk usia 12 hingga 17 tahun, khususnya pelajar harus dilaksanakan di masing-masing sekolah.

Berdasarkan informasi, pelaksanaan vaksinasi tahap pertama untuk sejumlah 2.610 peserta didik di SMKN 1 Garut ini ditargetkan bulan Agustus selesai, dengan penjadwalan dibagi tiga sesi yaitu, minggu pertama (hari ini) fokus kelas XII, minggu berikutnya kelas XI, dan minggu ketiga atau terakhir kelas X. Sedangkan untuk tahap kedua bulan September 2021. ***Jajang Sukmana