SMKN 1 Garut Didik Kreatifitas Kewirausahaan Peserta Didik

0
668

KANDAGA.ID – Dalam rangka menanamkan jiwa kewirausahaan yang diwajikan bagi peserta didik di sekolah kejuruan, SMKN 1 Garut menggelar Bazar Kewirausahaan dalam rangka Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Praktik Prakarya dan Kewirausahaan tahun 2019 dengan tema “Kreatifitas Lokal Menyongsong Persaingan Global”.

Secara resmi bazar dibuka pukul 8.20 WIB oleh Kepala SMKN 1 Garut, Drs. H. Dadang Johar Arifin, MM didampingi Ny. Hj. Husnul Khotimah, S.ST. ini, diikuti 120 stand dari semua jurusan dengan bermacam-macam yang ditawarkan kepada konsumen, seperti kuliner, fashion, dan kerajinan-kerajinan hasil karya masyarakat Garut.

“Peserta bazar diikuti oleh peserta didik kelas XII dalam rangka ujian mata pelajaran kewirausahaan. Jadi cara penilaiannya guru terus berkeliling, siapa yang paling cepat habis dan untungnya bagus,” ujarnya kepada sejumlah wartawan, Kamis (28/2/2019).

H. Dadang menjelaskan, satu stand merupakan satu kelompok dengan memajangkan dagangannya yang dikelola oleh 5 sampai 10 orang dengan modal yang sama masing-masing sebesar Rp. 500 ribu.

“Sebagai team work dalam kelompok tersebut, mereka harus pandai-pandai mengatur stategi pemasaran yang bagus dengan bergotong-royong dalam pemasarannya, mulai dari brandnya bagus, menarik, cepat laku dan labanya harus lebih tinggi lebih bagus. Dan bagi yang telah habis langsung melapor kepada pengujinya,” ujarnya.

Menurut H. Dadang, bazar ini sebagai pembelajaran praktek dilapangan, bagaimana cara anak bisa mengaktualisasikan motorik kewirausahaan.

“Di SMK pembelajaran kewirausahaan itu wajib, diwajibkan untuk siswa kelas XII, dan nanti apabila anak-anak setelah keluar sekolah dan bekerja di perusahan, menjadi marketing, dan jadi pelaku usaha mereka sudah terbisa dengan cara seperti ini,” jelasnya.

Menurutnya, dengan bazar ini anak akan tertanam dan tumbuh kembang, bagaimana cara berniaga yang baik, berkomunikasi yang bagus, dengan keilmuan yang telah mereka pelajari dan pahami dari sekolah.

“Jadi nantinya anak tidak merasa malu atau minder, mereka sudah percaya diri karena keilmuannya sudah diberikan di sekolah. Dan berharap, dikemudian hari peserta didik dari SMKN 1 Garut ini menjadi pengusaha-pengusaha yang sukses di bumi Republik Indonesia yang kita cintai ini,” pungkasnya.

Pada bazar ini, selain ramai juga dimeriahkan dengan menggelar lomba model costum dari bahan dan bentuk yang unik karya kreatif peserta didik bertempat di gedung Sasana Wibawa Mukti . (Jajang Sukmana)***