SMPN 1 Garut, Boyong Enam Juara Tingkat Nasional

0
888

KANDAGA.ID – SMPN 1 Garut kembali menambah pundi-pundi prestasi dari ekstrakurikuler dari Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dari Lomba Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB) dan Lomba Joged Komando Indah (LJKI) tingkat Nasional pada Gebyar Caxra Siliwangi jenjang SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA Se-Sederajat yang diselenggarakan SMAN Situraja – Sumedang, tanggal 15-16 September 2018.

SMPN 1 Garut yang beralamat di Jl. Jend. A. Yani No. 43, Kelurahan Pakuwon, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat ini, tak tanggung-tanggung memboyong enam piala sekaligus, diantaranya Juara 1 Pasukan Terproporsional, Pakain Terbaik, dan Juara Harapan 2 LKBB.

Kepala SMPN 1 Garut, H. Ahmad Gunawan, BA., S.Ip., M.H., yang akrab dipanggil Gunawan mengatakan, merasa bangga SMPN 1 Garut berhasil memboyong enam piala dari 29 peserta lomba terdaftar terbaik dari sekolah masing-masing jenjang SMP/MTs se-Derajat tingkat Nasional.

“Hanya SMPN 1 Garut yang berani tampil, berani mengukur diri, berani mencoba beradu nasib. Padahal di Kabupaten Garut ada 374 sekolah, diantaranya sekitar 170 sekolah negeri,” ujar Gunawan, di damping Wakasek Kesiswaan, Hj. Iis Suryati, M.Pd., Pembina Paskibra, Dadang Rifa’i, S.Pd., dan Staf TU, Asep Mulyadi di ruang kerjanya, Selasa (25/9/2018).

Menurutnya, tidak mungkin akan berhasil tanpa ada dorongan, baik secara kelembagaan yang disesuaikan dengan pilihan anak, khusunya ektrakurikuler (ekskul) Paskibra SMPN 1 Garut (Pasensa).

Sekarang ini, tambah Gunawan, di SMPN 1 Garut ada 23 jenis ekskul, untuk mewadahi potensi dan minat anak dalam mendidik kepribadian, bakat dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik.

“Paskibra mungkin yang paling dianggap oleh pemerintah, karena sering diadakan perlombaan, yang berkaitan dengan pembentukan karakter anak, kedisiplinan, kecakapan, kepribadian, kesehatan fisik, cara berpakaian, cara bercara, dan seterusnya,” pungkasnya.

Sementara itu Pembina Paskibra, Dadang Rifa’i, S.Pd., mengatakan, di Kabupaten Garut, SMPN 1 Garut sudah diakui sebagai juara umum tingkat priangan, kemudian tahun 2017 kemarin mendapat juara umum, pada lomba yang diselenggarakan MAN 1 Awipari, Tasikmalaya.

“Kemarin mencoba untuk mengikuti perlombaan tingkat nasional, Alhamdulillah masuk harapan kedua, dengan memboyong enam piala,” ujar Dadang.

Menurutnya, SMPN 1 Garut masuk 5 besar berdasarkan skor dari jenjang SMA/SMK. Arti jika secara mandiri jenjang SMP/MTs se-Derajat. SMPN 1 Garut meraih juara kedua, sebab 5 besar tersebut berdasarkan skor tertinggi dari jenjang SMA/SMK-SMP/MTs.

“Di Paskibra sebenarnya ada beberapa kategori, yaitu PBB murni langsung ke harapan. Di PPB murni ada juara utama yang diambil dari skor tertinggi, SMPN 1 Garut masuk skor tertinggi kedua, dengan meraih piala haparan 2,” jelasnya.

Dadang menjelaskan, di SMPN 1 Garut sudah rutin mengadakan latihan setiap Jumat, hanya untuk pasukan di Paskibra ada beberapa hari latihan pasukan yaitu hari Kamis dan Sabtu. Kalau menjelang kegiatan perlombaan ditambah hari Selasa.

“Alhamdulillah dari sekolah sangat mendukung sekali untuk kegiatan ini yang diadakan secara swadaya dari pihak sekolah maupun siswa-siswi itu sendiri untuk merintis kegiatan di luar jam pelajaran sekolah” pungkasnya. (Jajang Sukmana)***