Kepala BKD : Verifikasi SKP Minimal 3 Bulan Sekali

0
159

kandaga.id – Dinas Pendidikan Kabupaten Garut menyelenggarakan sosialisasi penyusunan Penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) Online Tahun 2021 bagi Kepala Sekolah dan Guru di SDN 4 Pataruman, Jl. Terusan Pembangunan, Pataruman, Kec. Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Rabu (06/01/2021).

Melalui tema “Sebagai Peningkatan Imunitas Diri”, kegiatan dibuka Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Ade Manadin, S.Pd., M.Pd., dengan narasumber Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kabupaten Garut, Drs. H. Didit Fajar Purwadi, M.Si., Kepala Bidang Penilaian Kinerja Aparatur dan Penghargaan, Galih Yudha Praja, S.S., M.Si., dan Analis Kepegawaian Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Ujang Sugiman Duriandi, S.IP., M.Si.

Dengan moderator Kepala SDIT Persis Tarogong 2, Ida Siti Faridah, M.Pd., sosialisasi dihadiri seluruh kepala sekolah se Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Tarogong Kidul, pengawas bina dan Korwas, Dedah Maryonah, S.Pd., M.Pd.

Kepala BKD mengatakan, di awal tahun 2021 ini, menjadi awal bagi pihaknya untuk memeratakan kemampuan serta keterjangkauan SKP.

“Sekarang zamannya bukan lagi manual, sekarang kita semuanya sudah melalui penilaian e-kinerja,” ujar H. Didit, dan Alhamdulillah e-kinerja di Kabupaten Garut sudah cukup baik.

Untuk itu, pihaknya memperluas dan memastikan bahwa teman-teman para PNS yang ada di lapangan, di unit-unit kerja dan unit-unit organisasi yang ada di seluruh jenjang pemerintahan di Kabupaten Garut, bisa melaksanakan kewajiban membuat SKP, mengikuti juga sampai kepada penilaian SKP-nya.

“Kita pastikan mereka juga memiliki nilai SKP, yang bukan hanya sekedar nilai angka saja, tetapi dipahami benar, bagaimana membuat SKP dan bagaimana melaksanakan sasaran-sasaran kerja yang sudah ditetapkan itu, dengan sebaik-baiknya,” ungkap H. Didit, sudah barang tentu dengan implementasinya.

Dia mengatakan, kalau seperti di awal tahun ini kita membuat target tahunan SKP, nanti juga kita lakukan pengukuran, evaluasi, bahkan verifikasi dilakukan minimal 3 bulan sekali.

“Kita mencoba menjangkau semua verifikasi atas realisasi dari SKP-nya, termasuk dokumen-dokumen pendukungnya, sehingga kita benar-benar memastikan bahwa PNS ini bekerja sesuai dengan sasaran kinerjanya,” pungkasnya.

Ditempat terpisah, Korwas, Dedah Maryonah, S.Pd., M.Pd., didampingi pengawas Tintin Surtini, S.Pd., M.Pd., mengatakan, sosialisasi ini bermaksud sert bertujuan agar kepala sekolah bisa dan paham dalam menyusun program pelaksaan kegiatan SKP online selama satu tahun.

“Mudah-mudahan dengan praktek seperti ini, para kepala sekolah bisa dan mampu mandiri mengikuti langkah demi langkah, mana saja yang harus dipilih dan diisi setiap tahapan-tahapan dalam jaringan (daring) untuk menyusun SKP,” harapnya.

Dirinya merasa beruntung, setiap ada kegiatan di wilayahnya selalu dihadiri pejabat yang kompeten dibidangnqya, semisal pada kegiatan PMP dihadiri dari Provinsi Jawa Barat.
“Alhamdulillah, hari ini pun yang hadir kepala BKD Kabupaten Garut,” pungkasnya. (Jajang Sukmana)***