Kepramukaan Perekat Cinta NKRI

0
306

KANDAGA.ID – Sejumlah 215 peserta didik kelas VII dan 40 satuan organisasi, gudep 050116566-050116567 pangkalan SMPN 3 Garut Kota, melaksanakan Perkemahan Jumat Sabtu Minggu (Perjusami), 21-23 September 2018 di lingkungan sekolah.

Demikian dikataka Wakil Kepala Kesiswaan SMPN 3 Garut, Drs. Aceng Muslim, M.Pd., disela-sela kegiatan, Sabtu (22/9/2019).

Aceng mengatakan, perjusami merupakan bagian ekstrakurikuler kepramukaan, yang rutin dilaksanakan setiap jenjang pendidikan SD, SMP dan SLTA, untuk menumbuhkan jiwa patriotisme, nasionalisme dan cinta tanah air Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kita sadari bahwa baik langsung maupun tidak langsung eksistensi kegiatan kepramukaan sudah tidak diragukan lagi dalam mewujukan generasi yang cinta tanah air dan jiwa patriotisme,” ujarnya.

Aceng menjelaskan, dengan diberlakukannya Kurikulum 2013, kegiatan kepramukaan mendapat sorotan pihak pemerintah dengan dicantumkannya nilai kepramukaan dalam buku laporan hasil belajar siswa (raport).

“Merealisasikan kegiatan kepramukaan merupakan tuntutan Kurikulum 2013, dan SMPN 3 Garut telah mempola sedemikian rupa dalam bentuk program kegiatan sehingga dapat dilaksanakan oleh kelas VII, VIII dan IX,” jelanya.

Menurutnya, kegiatan Perjusami merupakan program praktek lapangan setelah 2 bulan lebih peserta didik belajar kepramukaan baik yang dibimbing oleh para wali kelas, guru, maupun oleh dewan kerja penggalang.

“Perjusami khususnya dan kegiatan kepramukaan di SMPN 3 Garut pada umumnya, mampu melahirkan generinasi muda, tunas bangsa menjadi generasi yang siap dan sanggup memelihara dan mempertahankan NKRI,” harapnya.

Selain itu, menurut Aceng, dengan Perjusami dapat menggali dan menumbuhkan potensi peserta didik tentang pengetahuan, sikap, keterampilan kepramukaan sesuai tuntutan Kurikulum 2013.

“Peserta didik juga dapat mengaplikasikan dan mengaktualisasikan Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka, dan dapat tumbuh kembangnya gerakan kepramukan di SMPN 3 Garut,” pungkasnya. (Jajang Sukmana)***