Program GEMILANG Seri Inovatif, 350 Guru di Garut Kota Dilatih CT Biro Bebras ITG

0
100

kandaga.id – Implementasi dari Program GEMILANG, kalangan guru di lingkungan Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Garut Kota mendapatkan pelatihan Computational Thinking (CT) atau berpikir dengan landasan Komputasi atau Informatika dari Biro Bebras Institut Teknologi Garut (ITG) di Auditorium utama Al-Musaddadiyah, Jl. Mayor Syamsu No. 2, Jayaraga, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Rabu (13/10/2021).

Secara resmi kegiatan CT ini dibuka Rektor ITG, Dr. Hilmi Aulawi, ST., bersama Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Garut Kota, Anita Istiani, S.Pd., M.Pd., dan Ketua Gemilang, Dr. Hanny Latifah, M.M.Pd., dengan diikuti sejumlah 350 guru yang terbagi menjadi dua hari pelaksanaan yaitu tanggal 13 dan 14 Oktober 2021.

Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Garut Kota, Anita Istiani, S.Pd., M.Pd.

Seorang guru profesional  di era milenial ini, tidak cukup hanya menguasai  empat kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan kompetensi sosial. Namun, guru dituntut juga untuk menguasai Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Untuk itulah, kata Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Garut Kota, Anita Istiani, S.Pd., M.Pd., pihaknya mengimplementasikan rangkaian Program GEMILANG dengan tujuan yang pasti untuk meningkatkan kompetensi guru dalam bidang IT, yang sudah merupakan sebuah tuntutan. Karena jelas Korwil Anita, anak didik lahir dan tumbuh bersamaan dengan kemajuan teknologi.

Jadi, lanjut Korwil Anita, guru yang profesional dituntut untuk menguasai IT, kenapa? Karena segala bentuk informasi melalui IT, apalagi sekarang di era pandemi yang pembelajaran konvensional  sudah hilang, PTM sudah tidak ada.

“Guru harus betul-betul mampu menguasai IT. Semisal, data juga menggunakan aplikasi, Dapodik, Simpeg, semua itu melalui IT,” jelasnya.

Selain itu, Korwil Anita juga mengingatkan kepada semua guru, selain menyampaikan pembelajaran yang inovatif, tidak boleh lupa dan harus selalu diingat, bahwa guru itu wajib harus mampu mentransfer tatakrama, sopan santun dan akhlaqul karimah yang mulai agak terkikis di era ini kepada peserta didiknya.

Atas terselenggarakannya rangkaian Program GEMILANG ini, Korwil Anita mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Rektor ITG, yang telah menjalin kerjasama dengan Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Garut Kota, dengan segala hal dalam penyediaan waktu dan tenaga-tenaga ahli, para narasumber  yang luar biasa dengan prestasi yang luar biasa di bidang IT.

Hal senada dijelaskan Ketua Gemilang, Dr. Hanny Latifah, M.M.Pd., bahwa pelatihan Computational Thinking (CT) ini merupakan implementasi dari GEMILANG Seri Inovatif, yaitu kerjasama dengan Institut Teknologi Garut.

Ketua Gemilang, Dr. Hanny Latifah, M.M.Pd.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan meningkatnya kompetensi guru terkait Computational Thinking, yaitu cara berpikir untuk menyelesaikan masalah (problem solving) dengan cara menguraikannya menjadi beberapa tahapan yang efektif, efisien, dan menyeluruh, meliputi: decomposition, pattern recognition, abstraction, algorithms yang merupakan beberapa konsep dasar ilmu komputer.

“Peserta yang mengikuti kegiatan ini sampai tuntas (sampai tahapan microteaching) akan mendapatkan sertifikat nasional yang dikeluarkan oleh Bebras Indonesia senilai 32JP,” pungkas Dr. Hanny.

Kepala SDN 10 Regol, Ema Nurjamilah, S.Pd.SD., M.M.

Sementara itu, Kepala SDN 10 Regol, Ema Nurjamilah, S.Pd.SD., M.M., menjelaskan, sebelumnya Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Garut Kota mendapat tantangan dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Totong, S.Pd., M.Si., untuk melakukan suatu gerakan dengan tujuan meningkatkan kwalitas pendidikan di Kabupaten Garut.

“Ini jawaban kami dari Garut Kota dengan dinamai GEMILANG atau Gerakan Edukatif, Motivatif, Inovatif, Literatif, Adaptif, New Normal, Garut Kota,” jelas Ema.

Kepala SD GIS Prima Insani, Puji Fauziah, S.Pd.SD., bersama Kepala SDN 10 Regol, Ema Nurjamilah, S.Pd.SD., M.M.

Gerakan ini lanjut Ema, diawali dengan Launching Gemilang dan seminar tentang Leadership Management for Education dengan narasumber Yendra R. Pamungkas. Dalam seminar ini, kata Ema, sasarannya seluruh kepala sekolah se Kecamatan Garut Kota yang dilaksanakan pada tanggal 5 Oktober 2021. 

Lima peserta perwakilan dari SDN 10 Regol, (dari kiri) Widha Sismahendra, M.Pd., Rini Marliani, S.Pd., Devi Astrianti Nuratni, S.Hum., Shinta Mawarsari, S.Pd., M.M., dan Budi Arifin, S.Pd.

“Masih ada beberapa kegiatan GEMILANG untuk ke depannya di seri yang lainnya yaitu Seri Edukatif, Seri Motivatif, dan Seri Literatif,” pungkas Ema, GEMILANG Garut Kota “Dari Garut Kota untuk Pendidikan Garut yang Lebih Baik”. ***Jajang Sukmana