SMKN 1 Garut, Kolaborasi Kurikulum dengan Poltekpos Bandung

0
209

kandaga.id – Bidang Kurikulum SMKN 1 Garut bekerjasama dengan Politeknik Pos Indonesia (Poltekpos) Bandung menjalin nota kesepahaman, penyelarasan kurikulum beberapa bidang, dan implementasi program Fast Track di SMKN 1 Garut, Jl. Cimanuk No. 309A, Kelurahan Sukagalih, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Kamis (25/02/2021).

Waka Bidang Kurikulum SMKN 1 Garut, Hani Ariani, M.Pd., menuturkan, adanya kerjasama penyelarasan kurikulum SMK Bidang Bisnis Manajemen yang terdiri dari Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran, dan Kompetensi Keahlian Manajemen Logistik serta Kompetensi Keahlian Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi dengan mata kuliah di Program Studi (Prodi) yang ada di Poltekpos Bandung.

Hani Ariani, M.Pd

Sehingga, apabila peserta didik SMKN 1 Garut melanjutkan ke Poltekpos, kata Hani, ada mata pelajaran di SMK yang dapat di konversi. Hal ini, seiring dengan program Fast Track yang sedang menunggu kebijakan dari pemerintah.

“Dengan adanya konversi nilai mata pelajaran dari SMK yang diakui oleh perguruan tinggi, misal Poltekpos hal ini akan mengurangi jumlah SKS yang harus ditempuh di perguruan tinggi,” terang Hani, sehingga dapat menempuh atau menyelesaikan kuliah lebih cepat sehingga dapat mereduksi pembiayaan kuliah.

DR. Cahyat Rohyana

Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia (YPBPI), DR. Cahyat Rohyana mengucapkan syukur Alhamdulillah, kerjasama dalam penyelarasan salah satu program kurikulum dengan SMKN 1 Garut telah selesai.

“Ini kolaborasi kurikulum SMK sebagai sekolah di bidang vokasi diselaraskan dengan salah satu program vokasi Poltekpos Bandung yang merupakan vokasi unggulannya,” terang DR. Cahyat didampingi Wadir Kurikulum, Politeknik Pos Indonesia, Dodi Permadi, ST, MT.

Menurutnya, kolaborasi ini sangat bagus bisa dijadikan percontohan untuk di tempat lain, tapi Insyaallah antara SMKN 1 Garut dengan Politeknik Pos Indonesia itu akan membuahkan hasil yang sangat bermanfaat bagi kedua belah pihak.

“Ada beberapa Prodi atau jurusan sangat selaras, antara lain jurusan akuntansi sangat relevan sekali, baik yang di SMKN 1 Garut dengan di Politeknik Pos,” jelas DR. Cahyat, kemudian IT, bisnis, dan marketing.

Di Poltek Pos Bandung ada Prodi yang bisa masuk logistik, IT, serta bisnisnya, dan sekarang lagi booming, sangat diminati, yaitu Prodi baru E-Commerce Logistics.

“Anak-anak SMKN 1 Garut dan para calon mahasiswa, Insyaallah nanti bisa fast track atau lebih cepat, kalau misalnya mereka mengambil kuliah di Politeknik Pos Bandung,” pungkasnya. (Jajang Sukmana)***