Inovasi SMKN 1 Garut, Jadi Solusi Membangun Desa Maju dan Mandiri

0
169

kandaga.id – Dengan semangat membangun desa, SMKN 1 Garut mengimplementasikan Program SMK Membangun Desa dengan sasaran awal Kelurahan Jayawaras, Kecamatan Tarogong Kidul, Kamis (25/02/2021).

“Ini kegiatan kedua kami, dengan program pelatihan pembuatan sabun cuci piring bersama para kader PKK di Kelurahan Jayawaras. Mudah-mudah dengan terobosan ini keberadaan SMKN 1 Garut dapat bermanfaat bagi lingkungan terdekat,” ungkap Waka Bidang Manajemen Mutu, Reni Nurhaerani, S.Pd., dan kedepannya banyak program di SMKN 1 Garut seperti design, marketing digital dan lainnya.

Reni Nurhaerani, S.Pd.

Melalui program SMK Membangun Desa ini, sinergitas SMKN 1 Garut dengan Kelurahan Jayawaras mendapat apresiasi tinggi, bahkan jadi solusi dalam memberdayakan SDM.

“Dalam keterbatasan kami, khususnya pemerintah Kelurahan Jayawaras merasa bersyukur dengan adanya kerjasama dengan SMKN 1 Garut, karena selama ini kami sangat membutuhkan dalam rangka memberikan inovasi-inovasi untuk kemajuan masyarakat Jayawaras,” ungkap Sekretaris Kelurahan (Seklur) Jayawaras, Agus Kusnadi, S.E., Alhamdulillah, SMKN 1 Garut bisa memberikan sesuatu yang terbaik untuk kemajuan dan kemandirian masyarakat kami.

Agus Kusnadi, S.E

Seperti yang dilakukan SMKN 1 Garut sekarang contohnya, dalam memperdayakan masyarakat melalui pelatihan pembuatan sabun cuci piring, masyarakat bisa menerima ilmu yang sangat bermanfaat, sehingga masyarakat bisa maju dan mandiri, apalagi dimasa Pandemi sekarang.

“Selama ini kami mencari cara, bagaimana caranya memperdayakan masyarakat, bisa maju dan mandiri dalam membangun SDM masyarakat kami, Alhamdulillah dengan adanya program dari SMKN 1 Garut ini jadi solusi bagi kami,” ujar Seklur Agus.

Sebelumnya SMKN 1 Garut telah menggulirkan program pemasangan jaringan internet, dan ini kata Seklur Agus bukan hanya untuk penyelenggara pemerintahan saja, namun pihaknya juga membuka untuk masyarakat yang sangat membutuhkan, dimana banyak anak didik yang belajar secara daring.

“Bagi masyarakat yang membutuhkan fasilitas Internet silahkan pergunakan, kami membuka dan kami juga akan memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat,” ucap Seklur Agus,terimakasih yang sebesar-besarnya kepada SMKN 1 Garut yang telah memberi kontribusi yang sangat bermanfaat untuk kemajuan khususnya di Kelurahan Jayawaras.

Selain itu, Seklur Agus juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat, dan mengharapkan bentuk kerjasama seperti ini harus ditingkatkan lagi. Karena kata Seklur Agus, secara tipologi Garut sangat berbeda dengan kabupaten/kota lainnya. Dengan program ini, kata Seklur Agus, pemerintah pusat dapat mengakses dan melihat secara langsung program pemerintah pusat.

“Mudah-mudah dengan adanya akses ini, kami akan memberikan yang terbaik. Sehingga program pemerintah pusat bisa tersentuh secara langsung,” pungkasnya. (Jajang Sukmana)***