SMPN 2 Garut Menggelar Perayaan Projek Pelajar Pancasila “Bangunlah Jiwa dan Raganya”

0
100

KANDAGA.ID – Judul tersebut merupakan tema projek dua Profil Pelajar Pancasila program Sekolah Penggerak di SMPN 2 Garut, yang pada sebelumnya bertemakan Pemanasan Global.

“Projek dua ini melalui tahapan yang panjang, meliputi perencanaan, pelaksanaan, refleksi, dan perayaan projek,” ungkap Kepala SMPN 2 Garut, DR. H. Budi Suhardiman, M.Pd., saat membuka perayaan projek di GOR SMPN 2 Garut, Kamis (31/3/2022).

Tahap perencanaan misalnya, meliputi pelatihan google site bagi guru dan siswa, menyusun modul projek, peer teaching, validasi modul projek, penggandaan modul.

Pada tahap pelaksanaan meliputi pembukaan, tiap-tiap kelompok mengerjakan projek dengan dibimbing oleh dua guru selama enam hari.

Dan pada tahap refleksi semua tim projek dan guru pembimbing diskusi melihat berbagai kekurangan dan kelemahan untuk perbaikan projek berikutnya.

Terakhir tahap perayaan semua kelompok menampilkan hasil projeknya, berupa produk poster, cerpen, puisi, dan film pendek.

Semua produk bertemakan bangunlah jiwa dan raganya. Berupa ajakan supaya tidak membuli, berempati, mencintai budaya nasional, peduli pada sesama.

Petayaan projek ini merupakan puncak dari kegiatan Projek 2 Profil Pelajar Pancasila di SMPN 2 Garut.

Selain itu, merupakan bentuk apresiasi kepada para siswa yang sudah menampilkan karya-karyanya yang luar biasa.

“Saya merasa bangga dan terharu melihat hasil karya siswa yang luar biasa itu. Oleh karena itu, saya hormat yang setinggi-tingginya kepada para siswa, tim projek, dan para pembimbing yang sudah menunjukkan komitmen yang tinggi untuk memajukan sekolah,” pungkas DR. H. Budi.

Terpantau dalam perayaan ini dimeriahkan dengan tampilan-tampilan siswa kelas VII yaitu bermain piano dengan musik klasiknya, menyanyi, membacakan puisi, pencak silat, dan lain-lain. ***Jajang Sukmana