Aksi Damai Limbah Kulit Sukaregang Jilid II

0
519

KANDAGA.ID – Karena tidak ditanggapi oleh pihak berwenang terhadap pembuangan limbah kulit Sukaregang yang mencemari lingkung di sepanjang Sungai Ciwalen.

Masyarakat peduli lingkungan bersama warga yang tinggal di bantaran Sungai Ciwalen, kembali menggelar aksi damai jilid II di jembatan Sungai Ciwalen samping depan gedung Bank BPR Garut, Jl. Ahmad Yani, Jumat (21/9/2018).

Dalam aksinya, warga masyarakat Kampung Sumber Sari Timur RW. 18 – RW 21 Kelurahan Regol, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, Menyatakan Perang !!! Terhadap Pembuangan Limbah Kulit Sukaregang ke Sungai Ciwalen.

Koordinator Lapangan (Korlap), Endo, dalam orasinya mengatakan, aksi akan terus berlanjut sampai tuntutannya dikabulkan.

“Aksi demo sejak tahun 2015, namun sampai sekarang tidak ada perhatian, apalagi tindakan dari pemerintah,” ujarnya.

Menurutnya, pembuangan sampah limbah ini seperti sengaja dibiarkan oleh pemerintah, padahal perbuatan tersebut melanggar perundang-undangan, dan masuk ranah pidana.

Aksi dilanjutkan menuju tempat penyegelan lubang pembuangan limbah yang ada dekat Ipal II.

Kemarahan aksi damai tak terbendung, sehingga melakukan penutupan jalan di sertai limbah cair serta limbah padat mengalir di tengah jalan raya Ahmad Yani, sehingga kendaraan arah dari timur ke barat diarahkan belok ke Jl. Candramerta 1. (Jajang Sukmana)***