Dispusip Garut Gelar Workshop Cara Taklukan Beasiswa

0
349

KANDAGA.ID – Sebanyak 16 peserta yang terdiri dari siswa SMA, Mahasiswa, Pegawai dan Dosen antusias mengikuti workshop yang diadakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Garut bekerjasama dengan Komunitas Sahabat Beasiswa (IG: @sahabat_beasiswa) dengan tema “Cara Taklukan Beasiswa Luar dan Dalam Negeri”, Minggu (23/6/2019).

Akbar Nikmatullah pada saat mengisi materi mengatakan, kuliah ke luar negeri itu tidaklah mustahil, apalagi saat ini program beasiswa sudah sangat banyak ditawarkan oleh pemerintah maupun kampus luar negeri.

“Setiap orang yang berusaha dengan maksimal dan melalui proses dengan sungguh-sungguh tentu akan menuai hasil. Karena beasiswa diperuntukan untuk semua orang,” ujarnya.

Sedangkan Ade Aulia pemateri seminar mengatakan, musuh terbesar kita adalah diri kita sendiri, kita membangun tembok dalam diri kita bahwa kita tidak bisa meraih itu dan itu salah. Kita harus mengancurkan tembok itu, bahwasalnya kita mampu dan bisa.

Dalam memajukan suatu daerah faktor utama yang harus terpenuhi yaitu kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Untuk menghasilkan SDM berkualitas salah satu jalan yang harus diupayakan yaitu melalui pendidikan formal, hal ini sesuai dengan kata mutiara (mahfudzot) yang sering kita dengar “Tuntutlah ilmu walau harus ke negeri Cina”. Betapa pentingnya seseorang untuk mencari ilmu walaupun harus mempelajarinya ke luar negeri.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Garut, Lisnawati, sangat mengapresiasi kegiatan workshop ini karena sangat penting dan bermanfaat bagi anak-anak muda yang ingin terus maju dan mengembangkan potensi diri dengan melanjutkan pendidikan di dalam negeri maupun luar negeri.

“Saya harap kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan di perpustakaan, karena perpustakaan adalah sumber pengetahuan yang bisa menjembatani setiap orang meraih mimpinya,” ujarnya. (Jajang Sukmana)***