Meski 8 Laptop, Pelaksanaan ANBK di SD Berjalan Lancar

0
157

kandaga.id – Dari 76 SD di Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Garut Kota hanya 19 sekolah terdiri dari 7 sekolah negeri dan 12 sekolah swasta yang melaksanakan gladi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) semi mandiri serta ditumpangi, dan hanya dua sekolah secara mandiri total yaitu SDN 13 Regol dan SDN 3 Sukanegla. Selain itu ada beberapa sekolah yang dalam pelaksanaannya menumpang ke SMP/SMK.

Salah satu sekolah yang letaknya di perkampungan dan cukup jauh dari perkotaan yaitu SDN 4 Sukanegla, dengan tekad dan keberanian serta dorongan para guru ju ga antusiasme peserta didik, sekolah yang dipimpin Sudrajat Cahya Gumelar, S.Pd., M.Pd., berani melaksanakan ANBK dengan menggunakan laptop kepunyaan guru-gurunya ditambah dari kredit serta meminjam ke SMPN 4 Garut.

“Awalnya status sekolah kami menumpang ke SMPN 7 Garut, namun karena dibutuhkan untuk kedepannya, meskipun sekolah di kampung kami menginginkan semua pendidik dan peserta didik tak ketinggalan dalam hal IT,” ungkap Sudrajat saat ditemui ditengah pelaksanaan ANBK dari SDN 1 Sukanegla yang menumpanginya, Rabu (27/10/2021).

Sudrajat Cahya Gumelar, S.Pd., M.Pd.

Dirinya mengaku khawatir terhadap peserta didik jika menumpang ke SMPN 7 Garut yang letaknya cukup jauh, dan dipastikan akan bergerombol menunggu giliran.

“Kan kasian anak menunggu, apalagi jika jadwalnya pukul 13.00 hingga 14.30 WIB. Untuk itulah, kami memutar otak dengan didorong semangat para guru dan peserta didik, kami berupaya menyediakan sarana prasarana untuk melaksanakan ANBK secara mandiri dan ditumpangi,” jelas Sudrajat.

Lain lagi dengan SDN 3 Sukanegla, meskipun hanya menggunakan 8 laptop, sekolah ini melaksanakan ANBK dengan status mandiri tanpa ditumpangi.

Kepala SDN 3 Sukanegla, Solihah Nurjanah, S.Pd.SD., menuturkan, atas masukan dari Operator sekaligus Proktor SDN 3 Sukanegla, Deden Taryana, pihkanya dapat melaksanakan ANBK secara mandiri ini, dan salah satu penunjangnya yang juga esensial yaitu menambah kecepatan WiFi, dan Alhamdulillah berjalan aman.

Menurutnya, ANBK secara mandiri itu ada beberapa kelebihan diantaranya tidak dibatasi dengan waktu dalam pelaksanaannya, sesi 1 dan sesi 2 dapat dilaksanakan secara berturut-turut.

Untuk pengaturan peserta didik yang mengikuti ANBK ini, Solihah mencontohkan, jumlah 30 peserta didik dibagi dengan 8 laptop dibagi dua sesi, sehingga ANBK dapat dilaksanakan selama 4 hari dengan dua sesi.

“Hari pertama ANBK Literasi diikuti 8 anak kali 2 sesi juga di hari kedua sama seperti hari pertama. Hari ketiga dan keempat ANBK Numerasi sama dilaksanakan seperti hari pertama dan kedua,” jelas Solihah, yang penting dalam pelaksanaan ANBK ini tidak melebihi dari 6 hari.

Sementara itu, SDS Muhammadiyah 4 pun sama dengan SDN 4 Sukanegla, yang awalnya akan menumpang. Namun, dikarenakan pihak SDS Muhammadiyah 2 yang akan ditumpanginya meminta membawa perangkat sendiri, akhirnya SDS Muhammadiyah 4 memilih merubah status dari menumpang menjadi mandiri dan ditumpangi.

“Atas dasar masukkan dari para guru dan memang sudah ada rencana untuk mandiri, akhirnya kami bertekad kredit 10 PC dan tahun depan akan ditambah 5 PC,” ucap Kepala SDS 4 Muhammadiyah, Popi Heryanti, S.Pd.SD., disaat pelaksanaan ANBK peserta didik SDN 1 Ciwalen, Kamis (28/10/2021).

Dengan adanya sarana PC ini, kata Popi untuk kedepannya akan ada pembelajaran komputer dan ruangan laboratorium lainnya dan tentunya dengan sarana prasarana yang lengkap.

Hal yang sama dikatakan, Kepala SDN 5 Regol, Imas Nuryani, S.Pd.SD., dengan tekad dan berkeinginan supaya semua guru-guru serta peserta didiknya melek teknologi, dalam pelaksanaan ANBK ini pihaknya bertekad kredit 13 PC dan 2 laptop.

“Untuk kedepannya, kami akan ada ekstrakurikuler pembelajaran komputer dan kami akan memanggil guru khusus komputer,” ucap Imas.

Berikut sekolah yang melaksanakan ANBK secara mandiri, mandiri ditumpangi dan SMP/SMK yang ditumpangi :

SDN 4 PAMINGGIR
SDN 1 MARGAWATI
SDN 5 REGOL
SDN 13 REGOL
SDN 3 SUKANEGLA
SDN 4 SUKANEGLA
SDN 2 KOTA KULON

SDIT ATIKAH MUSADAD
SDIT AL FUROON
SDS KARTIKA
SDS MUHAMMADIYAH 2
SDS MUHAMMADIYAH 4
SDS Muhammadiyah 5
SDIT ASSALAM
SDS GIS
SDS YOS Sudarso
SDK DHARMA BAKTI
SDIT AL-BAYYINAH
SDS DAYASUSILA

SMPN 2 GARUT
SMPN 5 GARUT
SMPN 7 GARUT
SMPN 8 GARUT
SMP/SMK PASUNDAN

***Jajang Sukmana