SMPN 2 Garut Terbitkan Buku “Dari RSBI ke Seribu Prestasi”

0
107

kandaga.id – Banyak cara dilakukan SMPN 2 Garut dalam mempublikasi pengalaman dan praktik terbaiknya, salahsatunya melalui buku dengan judul “Dari RSBI ke Seribu Prestasi” terbitan, 9 September 2020, dan pernah disampaikan pada kegiatan Bedah Buku yang diselenggarakan IPI Garut Sabtu, 19 Desember 2020.

Maksud dan tujuan dari penulisan buku ini kata Kepala SMPN 2 Garut, Dr. Budi Suhardiman, M.Pd., karena banyak praktik terbaik dalam mengelola sekolah dan berbagai prestasi namun belum banyak diketahui khalayak.

“Mudah-mudahan buku ini dapat menginspirasi sekolah lain, dan mutu pendidikan di Kabupaten Garut semakin merata,” ujar Dr. Budi, melalui WhatsApp, Kamis (21/01/2021). Mungkin bagi yang lain sangat kecil dan tidak berarti apa-apa. Namun bagi penulis sangat berarti dalam perjalanan karier sebagai kepala sekolah.

Dalam buku ini, Dr. Budi memaparkan tentang melaksanakan tugas pokok kepala sekolah sebagai manajerial; Pertama, merencanakan berbagai kegiatan sekolah sehingga berhasil medapatkan prestasi. Kedua, mengorganisasikan semua kegiatan sekolah, menempatkan sumber daya manusia yang tepat untuk mencapai prestasi. Ketiga, menggerakkan semua sumberdaya yang ada agar bekerja optimal sehingga mencapai prestasi, dan mengendalikan, dan Keempat, mengawasi pelaksanaan program sekolah agar mencapai prestasi yang diinginkan.

Adapun jiwa-jiwa kewirausahaan yang dikembangkan kata Dr. Budi, yaitu mau bekerja keras dan tekun, sikap selalu ingin maju, kreatif inovatif, dan sikap percaya diri dan berani mengambil resiko.

“Dari kewirausahaan ini telah banyak judul buku yang diterbitkan, dan sebagai penunjang Gerakan Literasi Garut (GLG), saya tak pernah berhenti menulis,” pungkas Dr. Budi, setiap tahun ada buku yang diterbitkan. (Jajang Sukmana)***