Torehan SMKN 1 Garut pada LKS tingkat Provinsi Bertambah Jadi Tiga Prestasi

0
258

kandaga.id – SMKN 1 Garut kembali menambah satu prestasi pada Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tingkat Provinsi Jawa Barat, yang diselenggarakan secara virtual dari tanggal 3 hingga 4 Agustus 2021. 

Dia adalah Muhammad Fajri Ghifari Salman (XII SIJ-1), dirinya berhasil meraih nilai tertinggi melalui mata lomba Komputasi Awan (Cloud Computing) yang diumumkan pada sore hari, Jumat (6/8/2021),

“Saya merasa senang, karena bisa meraih juara pertama dan mendapatkan medali emas, karena untuk meraih ini bukan hal mudah, apalagi ini adalah even setingkat provinsi yang semua orang mendambakan juara” ungkap Fajri.

Menurutnya, dengan adanya lomba ini dirinya lebih termotivasi untuk lebih meningkatkan belajar lagi untuk menghadapi lomba di tingkat nasional.

“Karena baru saja diumumkan, jadi persiapan untuk tingkat nasional, saya harus memahami kembali dasar-dasar dan pundamental-pundamental Cloud Computing termasuk Networking mungkin. Karena saya sendiri untuk ilmu Networking masih kurang, jadi perlu memahami lebih,” ucapnya.

Fajri merasa beruntung punya pembimbing sangat keren, karena pembimbing Asep Ulumudin, S.Kom ini membimbing dua bidang yaitu Cloud Computing dan IT Software Solution for Bussines.

“Alhamdulillah dari dua bimbinganya itu meraih juara satu tingkat provinsi,” bangga Fajri, bahkan sewaktu latihan kata Fajri, pembimbing banyak memberikan saran sangat baik, banyak insite dan ilmu yang dapat didapatkannya.

Fajri berharap, pembimbing tetap sehat dan bisa membimbing peserta didik SMKN 1 Garut lebih baik dari sekarang, dapat membawa harum sekolah, provinsi, maupun Indonesia.

Di tempat yang sama, pembimbing Asep Ulumudin, S.Kom, mengucapkan syukur Alhamdulillah, puji syukur kepada Tuhan YME. Karena dirinya sudah diberikan anugerah, dipercaya untuk mewakili Kabupaten Garut ke tingkat provinsi, dan juga dipercaya untuk mewakili provinsi ke tingkat nasional.

“Sebetulnya ini pertama kali, saya bimbing dari dulu, karena memang Alhamdulillah baru kali ini bisa dengan mata lomba yang lain, mungkin. Biasanya saya membimbing di TKJ, sekarang saya membimbing di SIJA dengan mata lomba yang lain,” ucapnya.

Menurut Asep Ulumudin, sebetulnya yang bagus itu anak-anaknya, potensinya yang bagus. Dirinya hanya sedikit mengarahkan anak agar tetap pada track-nya.

“Alhamdulillah dianugerahi murid-murid yang cerdas, sehingga dalam membimbingnya tidak terlalu berat. Anak cukup diarahkan dan bisa belajar dengan sendirinya dan mengikuti perkembangan zaman,” ungkapnya, yang paling penting itu kata Asep Ulumudin, kita bisa mengarahkan anak untuk bisa beradaptasi dengan teknologi yang terbaru.

Asep Ulumudin menjelaskan, prestasi lebih dari satu lomba pada ajang LKS ini baru sekarang. Setiap tahun biasanya Garut paling jarang juara, pernah beberapa kali prestasi hanya satu mata lomba.

“Mudah-mudahan prestasi ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan lagi, juga bisa ditularkan ke mata lomba yang lain, ke sekolah-sekolah yang lain, agar Garut bisa lebih berjaya di tingkat provinsi maupun nasional,” harapnya.

Selain itu, Asep Ulumudin merasa bersyukur support dari Kepala Sekolah Bapak H. Bejo Siswoyo, STP., M.Pd. sangat bagus. Beliau sangat konsen dan focus terhadap pengembangan kualitas konten pembelajaran. Sehingga para guru khususnya pembimbing dapat lebih leluasa mengexpose kemampuannya dan leluasa mengelola program keahliannya sehingga menorehkan prestasi yang membanggakan. Semoga dipertahankan, ditingkatkan lagi, sehingga bisa dengan konsisten mempertahankannya.

Disampaikan pula oleh Kepala Sekolah H. Bejo Siswoyo, STP., M.Pd. “Alhamdulillah berkat Kerjasama semua pihak yaitu support keluarga SMKN 1 Garut, dukungan dari KCD dan MKKS Kabupaten, dan tentunya doa dari seluruh masyarakat Kab. Garut, SMKN 1 Garut terus eksis dan konsisten dalam membina peserta didiknya agar menjadi orang yang berhasil” 

Sementara itu, Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah XI Jawa Barat, Drs. H. Aang Karyana, M.Pd., mengapresiasi prestasi yang diraih khususnya SMKN 1 Garut. Dan dirinya mengucapkan terima kasih kepada peserta didik, sekolah, orang tua dan Bupati Garut.

“Ini luar biasa dan sangat membanggakan bagi kami, karena di tengah pandemi berhasil meraih tiga prestasi pada LKS tingkat Jawa Barat,” ujar KCD Aang, melalui telepon selluernya.

Kepala KCD Pendidikan Wilayah XI Jawa Barat, Drs. H. Aang Karyana, M.Pd., saat membuka In-House Training (IHT) SMKN 1 Garut, Senin (2/8/2021).

Dirinya berharap, prestasi ini jadi motivasi khususnya untuk peserta didik yang lainnya, para orang tua, sekolah dan Pemerintah Kabupaten Garut. Karena kata H. Aang, dengan prestasi ini menjadi harum di Jawa Barat.

“Mudah-mudahan pada lomba tingkat nasional kembali membanggakan,” harap H. Aang, selain itu pihaknya juga sedang menunggu hasil dari beberapa lomba yang belum selesai.

Hal yang sama dikatakan pengurus MKKS SMK Jawa Barat, H. Supriyanto, dengan prestasi Kabupaten Garut pada LKS Jabar pada tahun ini sangat membanggakan.

“Kalau tidak salah sudah meraih 2 juara pertama. Pertama untuk bidang lomba IT Solutions for Bussiness, yang kedua untuk bidang lomba Cloud Computing. Sedangkan untuk bidang lomba Web Technology meraih juara kedua,” terang H. Supriyanto melalui WhatsApp.

Menurutnya, prestasi ini adalah sejarah baru bagi Kabupaten Garut. Dulu pernah menjadi juara 1 tapi untuk satu bidang lomba.

“Saya minta agar dipersiapkan lebih baik lagi untuk bisa menjadi juara di LKS tingkat nasional. Tahun lalu juara umum LKS tingkat nasional adalah Provinsi Jawa Tengah,” ujarnya.

Dirinya berharap, dengan keikutsertaan peserta dari Garut di tingkat nasional pada tahun ini, prestasi Jawa Barat lebih meningkat lagi.

“LKS tingkat nasional pada tahun ini masih sama seperti tahun lalu, yaitu dilaksanakan secara daring. Peserta berlomba di sekolah masing-masing dan video streamingnya dinilai oleh Dewan Juri melalui layar monitor,” pungkasnya.

Sebelumnya, dua peserta didik SMKN 1 Garut dari dua bidang lomba telah meraih prestasi pada Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2021 yaitu (1). Bidang lomba IT Software Solution for Bussines meraih juara pertama atas nama M. Arya Anggara Gustiana (XII SIJ-2) yang dibimbing Asep Ulumudin, S.Kom., dan (2). Bidang lomba Web Technologies meraih juara kedua atas nama Krisna Santosa (XIII SIJ-1) yang dibimbing Andriansyah Maulana, S.Kom. ***Jajang Sukmana